Berkala Ilmiah Pendidikan
Vol. 4 No. 1 (2024): Berkala Ilmiah Pendidikan

Pengembangan Media Pembelajaran Berhitung Berbasis Stick Pouch Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Kelas II MI Darussalam Sukanegara Kecamatan Bangunrejo Kabupaten Lampung Tengah

Mala Ulfi Nadiroh (Universitas Ma'arif Lampung, Indonesia)
Muhammad Ngali Zainal Makmun (Universitas Ma'arif Lampung, Indonesia)
Nur Laili (Universitas Ma'arif Lampung, Indonesia)



Article Info

Publish Date
16 May 2024

Abstract

Pendidikan merupakan suatu hal yang harus diperhatikan pasalnya belajar dan pembelajaran merupakan suatu hal yang tidak bisa terpisahkan dalam kehidupan manusia. Dalam dunia pendidikan banyak terjadi kesenjangan kesenjangan dalam proses belajar mengajar salah satu diantaranya adalah berkaitan erat dengan masalah media pembelajaran pada hal tersebut penggunaan media pembelajaran yang digunakan masih belum bisa memberikan dampak yang signifikan dan kurangnya kreatifitas pendidik dalam penggunaan media pembelajaran hal tersebut dikarenakan keterbatasan waktu dan media yang akan diterapkan begitu sulit diterima oleh para peserta didik. Berangkat dari hal tersebut peneliti hadir untuk mengatasi penggunaan media yang sulit diterima oleh peserta didik dengan menghadirkan media stick pouch. Mengenai pengembangan media pembelajaran berhitung berbasis stick pouch peneliti menghadirkan penelitian tentang pengembangan media pembelajaran berhitung berbasis stick pouch kelas II Madrasah Ibtida’iyah Darussalam Sukanegara kecamatan bangunrejo kabupaten lampung tengah. Adapun dalam hal ini peneliti merumuskan masalah yang terjadi diantaranya (1) Bagaimana pengembangan media pembelajaran berhitung berbasis stick pouch terhadap hasil belajar para peserta didik kelas II Madrasah Ibtida’iyah Darussalam Sukanegara (2) Bagaimana kelayakan media pembelajaran berhitung berbasis stick pouch terhadap hasil belajar kelas II Madrasah Ibtida’iyah Darussalam Sukanegara (3) Bagaimana respon pendidik dan peserta didik terhadap media pembelajaran berhitung berbasis stick pouch terhadap hasil belajar peserta didik kelas II Madrasah Ibtida’iyah Darussalam Sukanegara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menkaji mengenai pengembangan media pembelajaran berhitung berbasis stick pouch yang meliputi: (1) Mendiskripsikan pengembangan media pembelajaran berhitung berbasis stick pouch terhadap hasil belajar para peserta didik kelas II Madrasah Ibtida’iyah Darussalam Sukanegara (2) Mendiskripsikan kelayakan media pembelajaran berhitung berbasis stick pouch terhadap hasil belajar para peserta didik kelas II Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Sukanegara (3) mendiskripsikan respon pendidik dan peserta didik terhadap media pembelajaran berhitung berbasis stick pouch terhadap hasil belajar peserta didik kelas II Madrasah Ibtida’iyah Darussalam Sukanegara. Dalam penelitian ini diguanakan penelitian: (1) pendekatan research and development (2) jenis penelitian: studi penelitian (3) sumber data kepala sekolah, guru, siswa, sumber pustaka, dan dokumen. (4) metode pengumpulan data: observasi wawancara, tes, dan dokumentasi. (5) teknik analisis data: deduktif induktif dan komparasi. (6) pengecekan dan keabsahan data: studi kelayakan produk (7) tahap tahap penelitian: tahap pra lapangan, tahap lapangan, tahap analisa data, dan tahap analisa laporan. Dalam penelitian ini peneliti memaparkan beberapa kesimpulan yang diperoleh setelah peneliti melakuan penelitian adapun hasil penelitian tersebut adalah sebagai berikut: (1) kualitas pengembangan media pembelajaran berhitung berbasis stick pouch sangat layak digunakan dengan beberapa ahli meliputi ahli media memperoleh nilai 95% dengan kategori layak, validasi ahli materi dengan rata rata nilai 85% dengan kategori sangat layak. (2) respons peserta didik madrasah ibtida’iyah darussalam sukanegara kecamatan bangunrejo kabupaten lampung tengah pada ujicoba yang dilakukan oleh peneliti memperoleh rata rata diatas nilai kriteria ketuntasan minimal dengan prosentase 90% dengan kriteria sangat menarik perhatian peserta didik dalam memahami materi yang disajikan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

bip

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Berkala Ilmiah Pendidikan (Online ISSN 2775-5312) publishes original articles on the latest issues and trends occurring in education curriculum, instruction, learning, policy, and preparation of teachers with the aim to advance our knowledge of education theory and practice. Moreover, this journal ...