Berkala Ilmiah Pendidikan
Vol. 4 No. 1 (2024): Berkala Ilmiah Pendidikan

Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kontekstual

Hermia Apta Suri (Universitas Ma'arif Lampung)
Dedi Setiawan (Universitas Ma'arif Lampung, Indonesia)
Adi Wijaya (Universitas Ma'arif Lampung, Indonesia)



Article Info

Publish Date
16 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kesulitan belajar siswa melalui pembelajaran kontekstual di SMP Darul Ma’arif Banjar Negeri dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat strategi guru PAI dalam mengatasi kesulitan belajar siswa melalui pembelajaran kontekstual di kelas VIII SMP Darul Ma’arif Banjar Negeri. Penelitian ini didasari oleh guru SMP Daarul Ma’arif Banjar Negeri Kecamatan Natar Lampung Selatan sebagian besar masih menerapkan model pembelajaran langsung berkelanjutan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Guru menjelaskan materi di depan kelas pada awal proses pembelajaran. Soal latihan dan contoh soal kemudian diberikan, dan pembelajaran diakhiri dengan pekerjaan rumah (PR). Penulis menggunakan metodologi penelitian kualitatif. Siswa kelas VIII SMP Daarul Ma’arif Banjar Negeri Kecamatan Natar Lampung Selatan dijadikan sebagai subjek penelitian. Peneliti menggunakan strategi purposive sampling dalam hal ini. Penulis menggunakan metode berikut untuk mengumpulkan data untuk penelitian ini: dokumentasi, observasi, dan wawancara. Sementara itu, peneliti menggunakan triangulasi sumber dan teknis sebagai metode untuk menjamin keabsahan data. Dibandingkan dengan pendekatan lain, hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam menggunakan pembelajaran kontekstual untuk mengatasi kesulitan belajar dilaksanakan melalui peningkatan signifikansi dan realisme proses pembelajaran. Untuk membantu siswa kelas VIII mata pelajaran PAI di SMP Daarul Ma'arif Banjar Negeri mengatasi tantangan belajarnya, maka guru menggunakan strategi pembelajaran sebagai berikut: Guru PAI bekerja satu lawan satu dengan siswa, memberikan pekerjaan rumah untuk membantu mereka mengingat materi, dan mengulas materi tersebut, dan menginspirasi siswa agar lebih bersemangat dalam belajar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

bip

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Berkala Ilmiah Pendidikan (Online ISSN 2775-5312) publishes original articles on the latest issues and trends occurring in education curriculum, instruction, learning, policy, and preparation of teachers with the aim to advance our knowledge of education theory and practice. Moreover, this journal ...