Mediastima
Vol 30 No 1 (2024): Mediastima

Pengaruh Local Brand Strength dan Culture Embeddedness terhadap Pembelian Merek Lokal oleh Konsumen Melalui Minat Pembelian Merek Lokal

Aris Fatoni (Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957)
Afrida Sary Puspita (Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957)
Aniza Octoviani (Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957)
Titin Alfinatun (Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957)



Article Info

Publish Date
25 Apr 2024

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini untuk menguji pengaruh antara Local Brand Strength dan Culture Embeddedness terhadap Keputusan Pembelian Merek Lokal melalui variabel mediasi Minat Beli. Dalam penelitian ini, metode pengumpulan data dilakukan melalui penggunaan kuesioner kepada 100 mahasiswa di Jakarta yang dipilih secara acak. Untuk menganalisis data, digunakan pendekatan Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan perangkat lunak Smart PLS. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh merek lokal terhadap minat pembelian, begitu pula budaya yang melekat memberikan pengaruh terhadap minat pembelian. Namun, tidak ditemukan pengaruh merek lokal terhadap keputusan pembelian, sementara budaya yang melekat mempengaruhi keputusan pembelian. Selain itu, dorongan untuk membeli merek lokal dipengaruhi oleh minat pembelian, dan melalui variabel mediasi minat pembelian, merek lokal berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Namun, tidak ditemukan pengaruh langsung dari budaya melekat melalui minat beli merek lokal terhadap keputusan pembelian.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

mediastima

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Mediastima adalah jurnla ilmiah dibidang pengembangan ilmu bisnis dan manajemen dengan pola peer-reviewed. Tujuan untuk mempublikasikan seluruh kegiatan hasil penelitian, kajian teoritis dan review artikel, book chapter yang bertujuan memperkaya khasanah keilmuan bisnis dan manajemen di ...