Journal of Educational Science and Technology
Volume 1 Nomor 3 Desember 2015

PERSEPSI GURU SAINS TERHADAP KUALITAS LAYANAN SUPERVISI AKADEMIK PENGAWAS SMA NEGERI

Ratlin ratlin (Guru Fisika SMAN 2 Kapontori Kabupaten Buton)



Article Info

Publish Date
14 Dec 2015

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji: (i) persepsi guru sains perihal kualitas layanan supervisi akademik pengawas SMA Negeri di Kota Baubau pada dimensi perencanaan pembelajaran; (ii) persepsi guru sains perihal kualitas layanan supervisi akademik pengawas SMA Negeri di Kota Baubau pada dimensi pelaksanaan pembelajaran; dan (iii) persepsi guru sains perihal kualitas layanan supervisi akademik pengawas SMA Negeri di Kota Baubau pada dimensi evaluasi pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei jenis ex post facto. Populasi penelitian adalah guru sains (guru yang mengampu mata pelajaran fisika, kimia, dan biologi) pada SMA Negeri di Kota Baubau. Sampel penelitian terdiri atas 59 orang guru sains yang diperoleh dengan teknik purposive random sampling. Data penelitian diperoleh melalui instrumen dengan tingkat reliabilitas di atas 75% berdasarkan hasil validitas isi Gregory. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (i) persepsi guru sains perihal kualitas layanan supervisi akademik pengawas SMA Negeri di Kota Baubau pada dimensi perencanaan pembelajaran berada pada kategori sangat baik; (ii) persepsi guru sains perihal kualitas layanan supervisi akademik pengawas SMA Negeri di Kota Baubau pada dimensi pelaksanaan pembelajaran berada pada kategori baik; dan (iii) persepsi guru sains perihal kualitas layanan supervisi akademik pengawas SMA Negeri di Kota Baubau pada dimensi evaluasi pembelajaran berada pada kategori baik.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

JEST

Publisher

Subject

Education Engineering

Description

Jurnal EST mempublikasikan artikel hasil penelitian bidang studi kependidikan, yang berhubungan dengan belajar dan pembelajaran, teori dan praktik pendidikan, kebijakan pendidikan, pengembangan kurikulum dan materi pembelajaran, pendidikan budaya dan karakter bangsa, pendidikan guru, teknologi dan ...