Jurnal Edukasi Matematika dan Sains
Vol 3, No 2 (2015)

PERBANDINGAN METODE EXPLICIT INSTRUCTION DAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA DALAM POKOK BAHASAN LINGKARAN DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 1 SAWAHAN

Andari, Tri (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Sep 2015

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui: 1) Pembelajaran mana yang lebih baik antara metode STAD dengan metode Explicit Instruction dalam meningkatkan prestasi belajarsiswa, 2) Metode mana yang memberikan prestasi belajar matematika yang lebih baik antarasiswa yang mempunyai motivasi belajar tinggi, sedang, dan rendah, 3) Ada tidaknya interaksiantara metode pembelajaran dengan motivasi pada prestasi belajar siswa. Teknikpengumpulan data yang digunakan adalah angket untuk data motivasi siswa dan teknik tesuntuk data prestasi belajar matematika siswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan ujistatistik analisis variansi dua jalan frekuensi sel tak sama. Kesimpulan dari penelitian iniadalah 1) tidak ada perbedaan pengaruh antara Pembelajaran dengan menggunakan metodeSTAD maupun pembelajaran yang menggunakan metode Explicit Instruction dalammeningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII SMP N 1 Sawahan pada pokok bahasanLingkaran, 2) tidak ada perbedaan pengaruh antara motivasi tinggi, sedang maupun rendahterhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMP N 1 SAWAHAN pada pokok bahasanLingkaran, 3) tidak ada interaksi antara pengajaran dengan model STAD dan pengajarandengan model Explicit Instruction dengan motivasi siswa tinggi, sedang maupun rendahterhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMPN 1 Sawahan pada pokok bahasan Lingkaran.Kata Kunci: Metode Student Teams Achievement Division, Explicit Instruction, Motivasi siswa, Prestasi belajar matematika.

Copyrights © 2015