Jurnal Edukasi Matematika dan Sains
Vol 3, No 2 (2015)

PENGARUH MODUL BERBASIS KONSTRUKTIVIS TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH FISIKA KUANTUM

Nurhayati, Nurhayati (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Sep 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan modul berbasiskonstruktivis terhadap kemandirian belajar mahasiswa pada mata kuliah fisika kuantum danrespon mahasiswa terhadap penggunaan modul berbasis konstruktivis. Metode penelitianyang digunakan adalah metode eksperimen. Populasi adalah seluruh mahasiswa pendidikanfisika semester enam IKIP PGRI Pontianak tahun akademik 2014-2015, sejumlah tigakelas. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling sejumlah dua kelas. Satukelas eksperimen menggunakan modul konstruktivis dan satu kelas eksperimenmenggunakan modul konvensional. Data kemandirian belajar dan respon mahasiswa diukurmenggunakan teknik non-tes dengan alat ukur angket. Uji hipotesis menggunakan ujiKruskal Wallis yang terdapat pada program SPSS. Berdasarkan hasil analisis data dapatdisimpulkan bahwa: (1) tidak terdapat pengaruh penggunaan modul berbasis konstruktivisterhadap kemandirian belajar mahasiswa, (2) respon mahasiswa terhadap penggunaanmodul berbasis konstruktivis adalah positif. Kata Kunci : Modul, konstruktivis, kemandirian belajar

Copyrights © 2015