Layanan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut perlu. Anak usia dini merupakan individu yang unik/ berbeda satu dengan yang lain (individual differences). Untuk menyiapkan anak usia dini menjadi individu yang bertumbuh dan berkembang sesuai dengan potensi masing-masing perlu adanya pembelajaran yang ramah dan menghargasi setiap potensi kecerdasan yang dimiliki oleh mereka.Howard Gardner dengan teori multiple intelligence (MI)-nya menjadi jawaban bagi salah satu lembaga PAUD Formal di Kota Madiun yang telah menjadikan teori ini sebagai basis dalam pelaksanaan pembelajaran di lembaga mereka, yakni di TK Islam Al Irsyad Madiun. Bagaimana TK Islam Al Irsyad Madiun menerapkan pembelajaran berbasis MI ini perlu kiranya dilakukan penelitian lebih mendalam, dan jika memang baik maka jangka panjang perlu dilakukan pelitian lanjutan untuk mengetahui apa yang menjadi kendala bagi lembaga lain sehingga belum menerapkan pembelajaran berbasis MI ini sangat perlu digali lebih dalam melalui penelitian.Metode yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus melalui beberapa tahap pengumpulan data antara lain: pengamatan, wawancara, dan diskusi kelompok terfokus. Analisis dilakukan sejak pengumpulan data hingga data selesai dan telah jenuh dengan tahapan: analisis domain, analisis taksonomi, analisis komponen, dan analisis tema. Sedangkan data diperiksa keabsahannya melalui kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Kata Kunci: Pembelajaran, Multiple Intelligence
Copyrights © 2013