Anak usia dini berkebutuhan khusus merupakan anak yang mengalami hambatan perkembangan tertentu baik itu fisik, intelektual, ataupun sosial emosional sehingga membutuhkan bantuan khusus untuk dapat menerima pendidikan yang sama seperti teman sebayanya. Bantuan khusus atau dapat disebut bimbingan khusus ini sangat dibutuhkan oleh mereka. Diperlukan seorang ahli untuk dapat melakukan screening test dan mendiagnosis seorang anak mengalami hambatan perkembangan jenis apa, namun seorang pendidik dapat mengases kondisi perkembangan anak setiap kali pertemuan dan melakukan bimbingan khusus terhadap anak tersebut agar dapat menerima pendidikan yang sama seperti teman-temannya. Cendekia Kids School merupakan salah satu lembaga Pendidikan Anak Usia Dini di Kota Madiun yang melayani anak usia dini dengan berbagai kondisi perkembangan. Sampai pada tahun ajaran baru 2015/2016, di Cendekia Kids School ditemukan beberapa peserta didik yang mengalami hambatan perkembangan. Bentuk layanan bimbingan yang dapat diberikan untuk mereka sesuai dengan usia dan kondisi anaknya. Layanan ini tidak hanya berhubungan dengan peserta didik saja melainkan juga melibatkan orangtua atau anggota keluarga yang dapat menjadi sasaran layanan bimbingan dan dapat juga melibatkan ahli. Layanan bimbingan ini perlu dilakukan oleh guru kelas yang secara teknis perlu dibantu oleh shadow teacher. Melalui pemberian layanan ini, diharapkan peserta didik yang mengalami hambatan perkembangan dapat berkembang dengan baik dan mampu menerima pendidikan untuk kesiapnnya melanjutkan pendidikan di sekolah dasar. Dalam pemberian layanan bimbingan ini diperlukan manajerial yang baik, agar pelaksanaan bimbingan dapat terselenggara dengan efektif dan tepat sasaran sehingga tujuan pemberian layanan bimbingan khusus dapat tercapai. Â Kata Kunci: manajerial, layanan bimbingan, anak usia dini berkebutuhan khusus
Copyrights © 2016