PANDU: Jurnal Pendidikan Anak dan Pendidikan Umum
Vol. 2 No. 2 (2024): MEI

PERAN GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK

Riska Agustin (Unknown)
Abbas, Ngatmin (Unknown)
Nur Khasanah, Afifah (Unknown)
Rahma Sari, Fani (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 May 2024

Abstract

Penelitian ini membahas peran guru baik di sekolah maupun dalam masyarakat, dengan tujuan untuk mengidentifikasi peran dan hambatan yang dihadapi guru dalam kedua konteks tersebut. Di sekolah, guru memainkan peran penting dalam menciptakan interaksi edukatif yang mendidik, menunjukkan kewibawaan, dan mengontrol perilaku siswa. Sementara itu, di masyarakat, guru berperan sebagai pengajar, pendidik, teladan, dan rujukan yang membantu mengembangkan nilai-nilai seperti kejujuran, kesadaran, dan kemampuan berpikir kritis pada siswa, peran guru dalam membentuk karakter Islami di sekolah dan masyarakat menjadi fokus utama. Guru diharapkan mampu mengembangkan nilai-nilai seperti kejujuran, kesadaran, dan keterampilan berpikir kritis pada siswa. Namun, terdapat berbagai hambatan yang dihadapi oleh guru dalam memenuhi peran mereka, baik di lingkungan sekolah maupun masyarakat. Upaya guru dalam meningkatkan peran mereka di masyarakat diharapkan dapat memberikan dampak positif pada pendidikan dan masyarakat secara keseluruhan. Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kepustakaan (library research) untuk mengumpulkan data dari berbagai sumber pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru sangat beragam, termasuk sebagai manajer kelas, pemimpin opini, inovator, dan pengembang karakter. Guru juga diharapkan berkontribusi pada perbaikan tatanan sosial dan budaya di masyarakat melalui kreativitas dan inovasi. Dengan demikian, peningkatan peran guru dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat dan dunia pendidikan

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pandu

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal PANDU merupakan jurnal penelitian peer-review akses terbuka yang berfokus dalam kajian pendidikan anak dan pendidikan umum. Jurnal PANDU menyediakan platform yang menyambut dan mengakui artikel penelitian empiris original di bidang pendidikan yang ditulis oleh peneliti, akademisi, ...