Jurnal Pemberdayaan Nusantara
Vol 4, No 1 (2024): Jurnal Pemberdayaan Nusantara

Menyulam Karakter Unggul Transformasi Pengembangan Karakter Anak Bangsa Melalui Pendidikan Berkualitas Desa Sumber Mujur, Kabupaten Lumajang

Kamaruddin, Muhammad Junaid (Unknown)
Prasetyo, Sisman (Unknown)
Permatasari, Sheila Silvia (Unknown)
Mauliddya, Annisa (Unknown)
Anggoro, Hendi Tri (Unknown)
Carissa, Monica (Unknown)
Aulia, Putri (Unknown)
Aghisna, Rana (Unknown)
Ametha, Sisin Nastasya (Unknown)
Bayustin, Marisa (Unknown)
Laila, Siti Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini mengulas dampak bencana alam, terutama erupsi Gunung Semeru, terhadap masyarakat di Desa Sumber Mujur, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Kejadian ini menyebabkan kerugian materiil dan non-materiil, terutama di sektor pendidikan. Dalam rangka merespons situasi tersebut, Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik "REDI Ajar" diinisiasi oleh Relawan Dikti (REDI) Tiga Monas. Kegiatan ini dilaksanakan pada November 2023 dengan fokus pada peningkatan akses pendidikan bagi anak-anak di TK dan SD yang menjadi penyintas erupsi Semeru. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Program KKN Tematik dilaksanakan di TK Roudhlotul Musthofa 02 dan SDN Sumber Wuluh II, dengan tujuan meningkatkan kualitas pembelajaran dan kesejahteraan siswa. Dalam implementasinya, kegiatan melibatkan mahasiswa sebagai fasilitator, motivator, dan problem solver. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan KKN Tematik "REDI Ajar" berhasil meningkatkan partisipasi anak-anak dalam pembelajaran, terutama melalui lomba mewarnai, literasi, numerasi, dan kesenian. Namun, masih terdapat kendala infrastruktur seperti ketersediaan air bersih dan listrik di beberapa sekolah. Mahasiswa sebagai agen perubahan berkomitmen memberikan dukungan dan motivasi ekstra agar setiap murid dapat meraih potensi maksimalnya dalam proses pembelajaran. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa KKN Tematik dapat menjadi solusi yang efektif dalam meningkatkan akses pendidikan dan kesejahteraan masyarakat penyintas bencana alam. Program ini membawa dampak positif pada partisipasi anak-anak dalam pembelajaran dan memberikan kontribusi nyata dalam membangun hubungan positif antara perguruan tinggi dan masyarakat lokal. Penerapan KKN Tematik diharapkan dapat menjadi model pembelajaran yang holistik, memperkuat keterlibatan komunitas, dan membantu menciptakan generasi yang lebih berkualitas di tengah dampak bencana.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JPN

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Fokus dan Lingkup Jurnal Perbendayaan Nusantara Fakultas Ekonomi dan Bisnis ini disediakan untuk mempublikasikan hasil karya ilmiah tri dharma para dosen atau penulis dalam bidang riset terapan serta hilirisasi hasil penelitian ilmiah yang berbasis komunitas kedalam format pengabdian ...