Konteks multikultural dieksplorasi melalui penyatuankebijaksanaan lokal serta melalui pembelajaran PendidikanKewarganegaraan. Fokus utamanya untuk perdamaian dilingkungan sekolah. Harmonisasi nilai-nilai kearifan lokal dapatdisertakan dalam kurikulum PKn. Metode penelitian ini adalahkualitatif dengan menggunakan pendekatan kepustakaan,sumber data terdiri atas sumber literatur dengan memilihreferensi buku serta jurnal yang mempunyai hubunganPendidikan multicultural untuk perdamaian. Teknikpengumpulan data menggunakan studi dokumentasi danobservasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Inkulturasipendidikan multikultural dapat meningkatkan pemahaman siswaterhadap nilai-nilai kearifan lokal, sekaligus memperkuatpemahaman toleransi dan penghargaan terhadap keberagaman.Konstruk Pendidikan Kewarganegaraan bisa menjadi kontribusipositif dalam wujudkan lingkungan sekolah yang damai.Mempromosikan pemahaman lintas budaya serta menyiapkansiswa untuk berperan aktif dalam pembangunan masyarakat yangberadab.
Copyrights © 2024