Pelita : Jurnal Penelitian dan Karya Ilmiah
Vol 24 No 1 (2024): january-july 2024

Pendidikan Kearifan Lokal dalam Pembelajaran PKn Sebagai Wujud Harmoni Perdamaian

Istianah, Anif (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Aug 2024

Abstract

Konteks multikultural dieksplorasi melalui penyatuankebijaksanaan lokal serta melalui pembelajaran PendidikanKewarganegaraan. Fokus utamanya untuk perdamaian dilingkungan sekolah. Harmonisasi nilai-nilai kearifan lokal dapatdisertakan dalam kurikulum PKn. Metode penelitian ini adalahkualitatif dengan menggunakan pendekatan kepustakaan,sumber data terdiri atas sumber literatur dengan memilihreferensi buku serta jurnal yang mempunyai hubunganPendidikan multicultural untuk perdamaian. Teknikpengumpulan data menggunakan studi dokumentasi danobservasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Inkulturasipendidikan multikultural dapat meningkatkan pemahaman siswaterhadap nilai-nilai kearifan lokal, sekaligus memperkuatpemahaman toleransi dan penghargaan terhadap keberagaman.Konstruk Pendidikan Kewarganegaraan bisa menjadi kontribusipositif dalam wujudkan lingkungan sekolah yang damai.Mempromosikan pemahaman lintas budaya serta menyiapkansiswa untuk berperan aktif dalam pembangunan masyarakat yangberadab.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pelita

Publisher

Subject

Other

Description

Publication of research results in the fields of education, religion, law, social politics, economics, informatics, industry, and ...