Omega: Jurnal Fisika dan Pendidikan Fisika
Vol 1, No 1 (2015)

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) Terhadap Hasil Belajar Fisika

Hartini, Tri Isti ( Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA)
Lianti, May (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jun 2015

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 14 Bekasi Kelas X pada semester genap tahun ajaran 2012/2013, selama 1 bulan dimulai dari bulan April sampai dengan bulan Mei 2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Pre Eksperimental Desaign. Dengan Populasi target dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 14 Bekasi, sedangkan populasi terjangkaunya adalah siswa kelas X-7. Teknik sampling penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampel (sampel bertujuan) dengan sampel 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian berupa tes uraian yaitu sebanyak 10 soal yang valid (product moment) dan reliabel (alpha). Perhitungan uji normalitas dengan menggunakan uji Lilliefors pada taraf 0,05, sedangkan uji homogenitas menggunakan uji Barlet. Dari hasil uji normalitas pada kelas eksperimen didapat Lhitung = 0,077, dan Ltabel = 0,161, karena Lhitung < Ltabel, berarti hipotesis nol (H0) diterima. Dan kesimpulannya adalah sampel yang digunakan berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Sedangkan hasil homogenitas diperoleh nilai X2hitung = 10,4208 dengan X2tabel = 42,557 pada taraf signifikan 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa data homogen. Berdasarkan nilai yang didapat dari table t dengan taraf signifikasi a = 0,05 dan derajat kebebasan (dk) = 29 didapat ttabel 1,700. Karena thitung > ttabel 2,789 > 1,700 maka H0 ditolak. Dengan demikian H1 diterima yang menyatakan bahwa terdapat Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) terhadap Hasil Belajar Fisika. Kata Kunci : Model Pembelajaran Means Ends Analysis (MEA), hasil belajar

Copyrights © 2015