Omega: Jurnal Fisika dan Pendidikan Fisika
Vol 1, No 2 (2015)

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer untuk Mendukung Kemandirian Belajar Siswa SMP

Rahmawati, Laifa (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Dec 2015

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan (1) kelayakan media pembelajaran berbasis komputer pada materi gelombang bunyi dan pendengaran untuk mendukung kemandirian belajar dan peningkatan hasil belajar siswa SMPIT Alam Nurul Islam, dan (2) dukungan media hasil pengembangan terhadap kemandirian belajar siswa SMPIT Alam Nurul Islam. Penelitian ini merupakan penelitian pengemba- ngan pendidikan yang diadapatasi dari model pengembangan menurut Borg & Gall. Secara garis besar, penelitian dilakukan pada lima tahap utama, yaitu (1) analisis kebutuhan, (2) desain pembelajaran, (3) pengembangan media, (4) validasi, revisi, dan uji coba produk, dan (5) diseminasi terbatas. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar penilaian oleh validator dan lembar tanggapan siswa tentang dukungan media terhadap kemandirian belajar. Hasil pengembangan didapatkan produk media pembelajaran berbasis komputer pada materi gelombang bunyi dan pendengaran. Dari hasil tahapan penelitian dan pengembangan yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa: (1) produk media pembelajaran gelombang bunyi dan pendengaran layak digunakan dalam pembelajaran berdasarkan hasil penilaian yang menunjukkan kategori sangat baik, (2) media hasil pengembangan mendukung kemandirian belajar siswa SMPIT Alam Nurul Islam. Kata kunci: media pembelajaran, berbasis komputer, kemandirian belajar, siswa SMP.

Copyrights © 2015