Omega: Jurnal Fisika dan Pendidikan Fisika
Vol 1, No 2 (2015)

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Composing Terhadap Hasil Belajar Fisika di SMAN 2 Maumere

Arnold, . (Unknown)
Erwin, . (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Dec 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran problem composing terhadap hasil belajar fisika antara siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran problem composing. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah Terdapat pengaruh antara model pembelajaran problem composing terhadap hasil belajar fisika siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Maumere NTT kelas XI pada semester genap tahun pelajaran 2014/2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi eksperimen. Dengan populasi target yaitu seluruh siswa SMA Negeri 2 Maumere, sedangkan populasi terjangkaunya seluruh siswa kelas XI IPA. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah Simple Random Sampling yang ditentukan secara acak sederhana dan diambil 34 siswa dari kelas XI IPA 2 sebagai eksperimen dan 34 siswa dari kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda. Instrumen penelitian ini sebelum diberikan kepada objek penelitian dilakukan dahulu uji coba instrumen yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji taraf kesukaran, dan uji daya pembeda. Dari hasil analisis deskripsi data didapat nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 80,6 sedangkan kelas kontrol sebesar 71,5 berarti nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Sedangkan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t didapat thitung = 4,997 > 1,998 = ttabel dengan menggunakan taraf signifikansi 0,05. Hal ini berarti tolak H0, maka hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran problem composing terhadap hasil belajar fisika siswa. Kata kunci: model pembelajaran problem composing, hasil belajar.

Copyrights © 2015