ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis
Vol 26 No 3 (2023): ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis

INTERNET MARKETING ‘GERAKAN HIDUP SEHAT/GHS’ DALAM MENCIPTAKAN BRAND AWARENESS HERBAL CONCENTRATE HONEY GINGER TEA OLEH MARKETING COMMUNICATION PT. HERBALIFE NUTRITION INDONESIA

Hutagalung, Maasyithah (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2023

Abstract

Persaingan industri minuman kesehatan yang semakin ketat mendorong PT. Herbalife Nutrition Indonesia berupaya menyediakan nutrisi yang segar namun aman bagi kesehatan, yaitu Herbal Concentrate Honey Ginger Tea yang dipromosikan dan dipasarkan, salah satunya melalui internet marketing dengan nama ‘Gerakan Hidup Sehat/GHS’. Internet marketing GHS pada Herbal Concentrate Honey Ginger Tea menarik untuk diteliti karena penting bagi kesehatan bangsa dan terinsipirasi dari gerakan pemerintah Indonesia melalui Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Tanggal 12 September 2017, PT. Herbalife Nutrition Indonesia menandatangani kerjasama dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia untuk bersama-sama mempromosikan gaya hidup sehat dan aktif melalui Gerakan Masyarakat Sehat (GERMAS) selama lima tahun ke depan. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui internet marketing ‘Gerakan Hidup Sehat/GHS’ dalam menciptakan brand Awareness Herbal Concentrate Honey Ginger Tea oleh Marketing Communication PT. Herbalife Nutrition Indonesia. Teori yang digunakan adalah komunikasi pemasaran, bauran komunikasi pemasaran, bauran promosi, internet marketing, brand awareness, analisis matrix variabel. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif untuk menganalisis internet marketing ‘GHS’ dalam menciptakan brand awareness Herbal Concentrate Honey Ginger Tea oleh marketing communication PT. Herbalife Nutrition Indonesia. Penelitian ini melakukan wawancara semi terstruktur kepada Ibu Farkhatus Solikhah selaku marketing communication dan Ibu Sri Subekti selaku sales marketing. Analisis yang dilakukan menggunakan matriks variabel dalam membahas dan menjawab permasalahan penelitian mengenai keterkaitan internet marketing dengan brand awareness. Brand awareness Herbal Concentrate Honey Ginger Tea diupayakan oleh Marketing Communication PT. Herbalife Nutrition Indonesia melalui internet marketing berupa Instagram karena dapat memuat informasi tertulis, gambar, audio, visual, dan Instagram @herbalifenutrition memiliki jumlah followers sebanyak 1,7 juta followers. Brand awareness Herbal Concentrate Honey Ginger Tea melalui YouTube karena YouTube dapat memberikan dan memuat tutorial atau panduan olahraga atau workout secara audio, dan visual dalam bentuk video. Internet marketing melalui Facebook karena Facebook merupakan media yang dapat membangun hubungan dengan calon konsumen dan konsumen secara transaksional. Internet marketing melalui Twitter karena Twitter adalah media yang lebih mengedepankan pemberian informasi dan penjelasan mengenai Herbal Concentrate Honey Ginger Tea. Hal tersebut menjadikan calon konsumen dan konsumen terdorong untuk terus mengingat/recall, memahami/recognition, berminat/ purchase, dan membeli/consumption Herbal Concentrate Honey Ginger Tea yang dipasarkan dipromosikan melalui internet marketing berupa email, Instagram, Youtube, Facebook, dan Twitter sehingga tercipta brand awareness Herbal Concentrate Honey Ginger Tea

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ESENSI

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

JURNAL ESENSI adalah jurnal berkala yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengembangan Manajemen Institut Bisnis Nusantara, dengan tujuan menyebarluaskan informasi tentang perkembangan ilmiah dalam lingkup Ekonomi, Akuntansi, Manajemen, Komunikasi, Komputer, dan Bahasa ...