OMEGA: Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika
Vol. 3 No. 1 (2024): OMEGA

Analisis Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Pembelajaran Matematika Materi Statistika Pada Siswa SMA

Sari, Rina (Unknown)
Maharani, Israq (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jan 2024

Abstract

Pembelajaran matematika mempunyai tujuan agar siswa dapat berpikir tingkat tinggi dalam menyelesaikan setiap masalah yang telah diberikan sehingga dapat memahami materi yang diberikan oleh guru, siswa bukan hanya menggunakan rumus yang diberikan mempunyai tujuan agar siswa dapat berpikir kritis dalam menyelesaikan soal. Dalam kehidupan manusia berpikir tingkat tinggi merupakan suatu kegiatan mental yang dialami seseorang ketika mereka dihadapkan pada suatu masalah atau situasi yang harus dipecahkan. Berpikir sebagai suatu aktivitas mental untuk membantu memformulasikan atau memecahkan suatu masalah, membuat suatu keputusan, atau memenuhi hasrat keingintahuan. Pendapat ini menunjukkan ketika seseorang memutuskan suatu masalah, memecahkan masalah, ataupun ingin memahami sesuatu, maka orang tersebut melakukan aktivitas berpikir tingkat tinggi. Instrumen yang digunakan oleh peneliti dalam hal ini adalah instrumen pokok dan instrumen penunjang (Sugiyono 2018). Instrumen pokok dalam penelitian ini adalah siswa SMA Alwashliyah 3 Medan sedangkan instrumen penunjang yang digunakan adalah pedoman observasi, pedoman wawancara dan pedoman tes.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jkpm

Publisher

Subject

Mathematics

Description

OMEGA: Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika adalah jurnal yang memuat hasil-hasil penelitian dan pembahasan di bidang pendidikan matematika yang meliputi pendidikan dan pengajaran, strategi pembelajaran, kurikulum, media pengajaran, metode pembelajaran, teknik pembelajaran. Jurnal ini diterbitkan ...