Jurnal Ad-Dariyah
Vol 5 No 1 (2024): Dialektika, Sosial dan Budaya (Januari-Juni 2024)

Strategi Pemasaran Usaha Mikro dalam Perspektif Syariah (Studi pada Olahan Kepiting Desa Ampekale, Kabupaten Maros)

Rismah (Unknown)
Sirajuddin (Unknown)
Idris Parakkasi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Keberhasilan perusahaan dalam memasarkan produk sangat tergantung pada kiat-kiat dan strategi pemasaran yang dilakukan karena dengan penerapan strategi pemasaraan yang tepat, maka perusahaan dapat menciptakan dan memelihara serta mengembangkan permintaan konsumen secara meyakinkan dan berkesinambungan. Sejalan dengan hal tersebut berdasarkan observasi awal, peneliti mendapatkan informasi bahwa usaha ini sudah berdiri sejak tahun 2011 sampai sekarang, namun dari hasil pengamatan peneliti usaha ini belum mengalami perkembangan yang cukup signifikan, padahal produk yang dipasarkan memiliki keunikan dibandingkan dengan produk sejenisnya. Hal ini menimbulkan suatu pertanyaan, kenapa usaha ini sulit untuk berkembang padahal usaha ini memiliki potensi yang besar. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi pemasaran pada usaha ini dan untuk mengetahui apakah bauran pemasaran (marketing mix) sudah terimplementasi berdasarkan perspektif syariah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, penelitian ini ditujukan untuk mendeskripsikan dan menggambarkan fenomena-fenomena yang ada atau peristiwa yang terjadi saat ini, yang bersifat alamiah. Metode yang digunakan ialah metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer yaitu data diperoleh secara langsung dengan data di peroleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada usaha mikro olahan kepiting ini, sudah mampu memenuhi dan melaksanakan dengan baik strategi pemasaran pada 12 elemen marketing mix. Namun, usaha ini juga memiliki kendala yaitu dari segi pemasaran online yang belum cukup maksimal karena minimnya pengetahuan tentang memasarkan produk dengan melalui media sosial. Hal inilah yang menjadi penghambat pada perkembangan usaha ini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

adrsb

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Library & Information Science Social Sciences

Description

Ad-Dariyah: Jurnal Dialektika, Sosial dan Budaya is a scientific journal published by Sekolah Tinggi Agama Islam Darud Da’wah Wal Irsyad (STAI DDI) Kota Makassar. This Journal contains research and conceptual articles (either qualitative field or qualitative literature) with a focus on studies of ...