E-JUPEKhu
Vol 12, No 2 (2024): In Press

Efektifitas Media Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Kata Pada Anak Tunagrahita Ringan

Sitepu, Latifah (Unknown)
Mahdi, Arisul (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh permasalahan yang dialami oleh anak mengalami masalah dalam mengabungkan huruf menjadi kata, seperti: ba dibaca da, sa dibaca ja, kemudian anak mengalami hambatan dalam membaca suku kata. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca kata melalui media kartu bergambar bagi pada anak tunagrahita ringan kelas VII di SLBIT Sahabat Al Qur’an Binjai. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, dokumentasi dan diolah secara kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dengan kolaborasi dengan teman sejawat bertindak sebagai observer yang mengamati aktivitas peneliti dan kegiatan tindakan dilakukan dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat kali pertemuan dengan waktu satu kali pertemuan 60 menit. Hasil penelitian pada siklus I nilai yang diperoleh NW dari pertemuan pertama sampai pertemuan keempat yaitu 35%, 40%, 45%, dan 50%, dan RM memperoleh nilai 40%, 45%, 50%, dan 50%. Sedangkan pada siklus II kemampuan siswa meningkat secara signifikan, nilai yang diperoleh NW dari pertemuan pertama sampai pertemuan keempat yaitu 55%, 70%, 85%, dan 90%. Sedangkan RM memperoleh nilai 60%, 80%, 90%, dan 95%. Berdasarkan uraian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa media kartu bergambar dapat meningkatkan kemampuan membaca kata pada anak tunagrahita ringan kelas VII di SLBIT Sahabat Al Qur’an Binjai.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jupekhu

Publisher

Subject

Education

Description

JUPPEKhu: Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus is a peer-reviewed, publishes research manuscripts in the field of special education. The Focus and scope of the journals are to: 1) Early Intervention of Children with Special Needs 2) Identification and Assessment of Children with Special Needs 3) ...