Publipreneur Polimedia: Jurnal Ilmiah Jurusan Penerbitan Politeknik Negeri Media Kreatif
Vol. 12 No. 1 (2024): Jurnal Ilmiah Publipreneur

PENGGUNAAN TEKNIK KREATIF BRAINSTORMING DALAM PRODUKSI PROGRAM TELEVISI NONDRAMA

Latief, Rusman (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan teknik kreatif brainstorming dalam mendesain dan produksi program nondrama, yaitu format program televisi yang diciptakan melalui proses pengolahan imajinasi kreatif dari realitas dari kehidupan sehari-hari yang memiliki elemen informasi, hiburan, dan edukasi. Format program nondrama di antaranya, musik, permainan, reality show, pertunjukan, komedi, variety show, talkshow, dan newstainment. Dimaksud dengan kreatif branstorming adalah suatu cara untuk memperoleh sejumlah besar ide-ide dari sekelompok orang dalam waktu singkat. Peserta branstorming biasanya tidak lebih dari 12 orang dan terdiri dari eksekutif produser, produser, program director dan kreatif. Bisa juga melibatkan individu di luar bagian produksi, seperti bagian pemasaran, research and development, serta client. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi dokumen dengan cara mengumpulkan informasi dan data dari berbagai material seperti, buku, media online, jurnal ilmiah dan lainnya. Lebih lanjut, penelitian ini melakukan pendekatan pengamatan alami (natural observation) dengan melakukan pengamatan pada objek agar mendapatkan data valid untuk menarik kesimpulan. Setelah melakukan penelitian, ditemukan bahwa teknik brainstorming dalam proses kreatif program nondrama umum digunakan oleh stasiun televisi. Teknik kreatif brainstorming efektif digunakan untuk mendapatkan ide yang orisinal, terbaru, dan bermanfaat bagi tim kerabat kerja produksi serta khalayak yang menjadi target segmentasi dari program yang akan diproduksi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JIP

Publisher

Subject

Arts Humanities Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

The journal presents researches in the fields related to the competence of design, printing technology, publishing, and hospitality, including photography, animation, fashion, packaging technology, and other creative industry sectors. The journal also considers the development study of character ...