Jurnal PERKUSI: Pemasaran, Keuangan dan Sumber Daya Manusia
Vol. 4 No. 3 (2024): PERKUSI

Strategi Pemasaran dalam Pencapaian Target Penjualan Jasa pada Travel PT Fio Amanah Perdana

Tari, Ajeng Wulan (Unknown)
Furyanah, Anah (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2024

Abstract

Konteks penelitian ini dilatar belakangi adaya lembaga atau perusahaan yang menyediakan jasa layanan bagi individu atau jamaah yang ingin melaksanakan ibadah haji dan umrah. Pada perusahaan juga dibutuhkan suatu strategi bauran pemasaran yang baik untuk memperkenalkan produknya kepada masyarakat. Dengan begitu akan tercapai sebuah target yang telah ditentukan oleh setiap perusahaan dalam penjualan produknya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis strategi pemasaran yang digunakan oleh PT Fio Amanah Perdana, serta untuk mengetahui dan menganalisis strategi pemasaran mampu mempengaruhi pencapaian target penjualan jasa di PT Fio Amanag Perdana. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan jenis analisis deskriptif yaitu penelitian yang menggunakan data berupa kata-kata atau dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di PT Fio Amanah Perdana. Subjek pada penelitian ini adalah karyawan PT Fio Amanah Perdana. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu (1) strategi bauran pemasaran produk haji dan umrah dalam mencapai target penjualan di PT Fio Amanah Perdana menggunakan strategi bauran pemasaran secara online dan offline. Pedoman bauran pemasaran berupa 7P yaitu : produk, harga, tempat, promosi, proses, orang, fasilitas pendukung. Strategi bauran pemasaran tersebut merupakan suatu fasilitas dalam pemasaran yang mana berguna untuk perusahaan dalam memenuhi target yang telah ditentukan. (2) berdasarkan analisis SWOT dan matriks SWOT dapat dikatakan perusahaan dalam keadaan mampu menghadapi dinamika lingkungan eksternal posisi perusahaan relatif kuat. Selain itu dilihat dari kuadran SWOT menunjukan titik koordinat 3,5 : 3,5 berada di posisi kuadran satu yaitu mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif. Ini merupakan situasi yang sangat menguntungkan karena memiliki peluang dan kekuatan. (3) dari hasil observasi dapat dikatakan bahwa PT Fio Amanah Perdana sudah sangat mengoptimalkan bauran pemasaran untuk meningkatkan target penjualan dapat dilihat dari tabel target yang menunjukan peningkatan jamaah pada setiap tahunya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JIPER

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal PERKUSI adalah jurnal yang fokusnya dan lingkupnya mempublikasikan artikel ilmiah tentang Pemasaran, Keuangan dan Sumber Daya Manusia yang merupakan hasil penelitian ilmiah asli (prioritas utama) dan artikel ulasan ilmiah yang bersifat baru (tidak prioritas) dari berbagai kalangan akademisi ...