Sekolah dasar islam saat ini terus mengembangkan potensi prestasi baik dibidang akademik dan non akademik agar terus dapat bersaing secara nasional maupun internasional. hal ini menajadi fokus dari penelitian ini yaitu bertujuan untuk mengetahui bagaimana prestasi peserta didik di sekolah dasar islam dilihat dari manajemen berbasis sekolah. Dengan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik triangulasi data yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Pada pengumpulan data peneliti terjun langsung kelapangan guna mendapatkan data yang akurat. Â Hasil dari penelitian menjelaskan bahwa Prestasi peserta didik di sekolah dasar islam sangat baik dilihat dari penerapan manajemen berbasis sekolah. Dimulai dari kepemiminan yang baik, pengembangan kurikulum, manajemen peserta didik berbasis sekolah, pendidik dan tenaga kependidikan, dukungan sarana pra sarana serta hubungan masyarakat/ orang tua dengan sekolah. Prinsip ini sudah diterapkan dan menciptakan hasil prestasi peserta didik yang sangat baik dengan dibuktikan prestasi akademik dan non akademik.
Copyrights © 2022