Jurnal Basicedu
Vol. 6 No. 3 (2022)

Analisis Efektivitas Pendidikan Karakter Melalui Pendekatan Multikultural pada Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar

Bachrudin, Aska Amalia (Unknown)
Kasriman, Kasriman (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan efektivitas pendidikan karakter melalui pendekatan multikultural pada pendidikan kewarganegaraan di Sekolah Dasar. Dimana pendidikan karakter tidak memiliki mata pelajaran khusus namun pendidikan karakter tetap diselenggarakan dengan digabungkan ke semua mata pelajaran di Sekolah Dasar, salah satunya adalah mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan atau biasa disingkat PPKN. Yang mana diharapkan para generasi muda di masa depan akan tetap terus berperilaku sesuai dengan falsafah Pancasila dan UUD 1945. Maka dari itu para generasi muda penerus bangsa diajarkan karakter mulai dari usia dini yaitu pada pendidikan di jenjang Sekolah Dasar. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif terhadap metode studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, pengamatan dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Sedangkan validitas data menggunakan metode dan waktu triangulasi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...