Implementasi pendidikan karakter masih belum berjalan secara ideal, Hal ini bisa dilihat dari perilaku pada kehidupan anak-anak saat di rumah, di sekolah, hingga di masyarakat yang mencerminkan karakter yang kurang baik. Tujuan dari dilakukan studi ini untuk menggambarkan peranan guru dalam mengimplementasikan nilai-nilai karakter melalui pembelajaran jarak jauh, menganalisis hambatan yang guru hadapi dalam implementasi nilai-nilai karakter melalui pembelajaran jarak jauh, mendeskripsikan usaha yang dilakukan guru dalam menyelesaikan hambatan yang dihadapinya dalam implementasi nilai-nilai karakter melalui pembelajaran jarak jauh. Studi ini, melalui penggunaan metode kualitatif yang juga melibatkan pendekatan studi kasus. Sedangkan subjeknya diambil dari kepala sekolah, guru kelas, dan siswa Sekolah Dasar. Data-data penlitian terkumpul dari hasil observasi, wawancara mendalam serta dokumentasi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa peran guru dalam implementasi nilai-nilai karakter di Sekolah Dasar ditemukan lima aspek peran yakni; a) guru berperan sebagai korekor, b) guru berperan sebagai motivator, c). guru berpera sebagai inisiatir, d) guru berperan sebagai fasilitator dan e). guru berperan sebagai supervisor.
Copyrights © 2022