Jurnal Basicedu
Vol. 8 No. 2 (2024)

Penggunaan Ice Breaking dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Pelajaran Tematik Kelas III Madrasah Ibtidaiyah

Fatihani, Nur (Unknown)
Iswandi, Irvan (Unknown)
Humaeroh, Iis (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini fokus pada penerapan ice breaking untuk meningkatkan motivasi belajar pada pelajaran tematik kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Ma’had Al Zaytun. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar pada kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Ma’had Al Zaytun. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Lokasi penelitian dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah Ma’had Al-Zaytun yang terletak di Desa Mekarjaya, Kecamatan Gantar, Kabupaten Indramayu. Populasi penelitian ini adalah kelas 3 B 05 Madrasah Ibtidaiyah Ma’had Al Zaytun yang terdiri dari 20 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan motivasi belajar siswa kelas 3 B 05 setelah penerapan ice breaking. Hasil tes pertama menunjukkan nilai rata-rata 68,5, sementara tes kedua menunjukkan nilai rata-rata 83, dengan selisih 14,5. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa siswa kelas 3 B 05 mengalami peningkatan hasil belajar dengan tujuan meningkatkan motivasi belajar pada pelajaran tematik kelas III

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...