Jurnal Basicedu
Vol. 8 No. 2 (2024)

Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Media Round Whelss Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV di UPTD Sekolah Dasar

Sholikhah, Erlina Miftakhus (Unknown)
Agustiningsih, Agustiningsih (Unknown)
Mahmudi, Kendid (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Apr 2024

Abstract

Model Project Based Learning merupakan pola belajar yang dapat memudahkan siswa dalam membuat karya nyata yang berkaitan dengan materi pembelajaran di kelas untuk merancang, dilaksanakan, dan dipresentasikan di depan orang lain yang sangat dituntut pada pembelajaran abad 21.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dampaknya model Project Based Learning berbantuan media round whelss terhadap hasil belajar. Penelitian ini menggunakan desain quasi experiment dengan pola non equivalent control group design dengan menguji nilai hasil pretest dan posttest siswa untuk melihat model pembelajaran yang digunakan ada tidaknya dampak pada siswa. Hasil penelitian dengan menggunakan uji Independent Sampel T-test dengan taraf signifikan 5% atau 0,05 menunjukkan bahwa thitung>t tabel yaitu 2,204 >2,013. Berdasarkan keputusan tersebut diperoleh Ha diterima dan Ha ditolak yang dapat disimpulkam bahwa terdapat pengaruh model Project Based Learning berbantuan media round whelss terhadap hasil belajar siswa kelas IV UPTD SDN Sumberejo 04 dengan efektivitas sebesar 34% yang dipengaruhi oleh faktor motivasi belajar dan luar lingkungan sekolah

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...