Jurnal Basicedu
Vol. 8 No. 3 (2024)

Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Sinaga, Wanda Tanti Maria (Unknown)
Sihombing, Lisbet Novianti (Unknown)
Napitupulu, Rio Parsaoran (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2024

Abstract

Latar belakang masalah ini disebabkan oleh hasil belajar tematik siswa yang belum optimal, serta sebagian besar siswa masih belum mencapai KKM. Maka dari itu, tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana media audio visual mempengaruhi pemahaman siswa kelas V tentang tema 7 peristiwa dalam kehidupan. Penelitian ini dilakukan di UPTD SD Negeri 124394. Jln Tongkol, Kec. Siantar Timur, Pematangsiantar tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dan pendekatan kuantitatif. Dengan menggunakan desain One Group Pretest-Posttest Design, desain pra-eksperimental ini digunakan. Studi ini melibatkan 20 murid dari kelas V UPTD SD Negeri 124394 Pematangsiantar, dengan kategori 9 laki-laki dan 11 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi dan tes. Sedangkan analisis data menggunakan uji n-gain. Hasil data penelitian diperoleh nilai pretest dan posttest siswa dengan rata-rata pretest 42,33 dan rata-rata posttest  83,50.  Berdasarkan hasil uji N-Gain yang dipakai untuk mengukur efektivitas hasil belajar sebelum dan setelah proses belajar mengajar pada kategori tertentu diperoleh skor rata-rata 71,75, termasuk dalam kategori tinggi. Dengan demikian terlihat telah teridentifikasinya Ha dan H0 yang menunjukkan adanya dampak media audiovisual terhadap hasil belajar siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...