Jurnal Tekun
Vol 4, No 1 (2013)

PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP PROFITABILITAS dengan INFORMASI AKUNTANSI SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris Perusahaan Go Publik di BEI)

Sony Wisnu Andoyo (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2013

Abstract

 Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tanggung jawab sosial perusahaan dari profitabilitas perusahaan dengan informasi akuntansi sebagai variabel moderasi. Penelitian ini dilakukan di bursa saham Indonesia pada tahun fiskal 2011 dan 2012. Penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling sehingga diperoleh 68 observasi. Analisis statistik termasuk asumsi klasik dan uji kelayakan model. Menguji pengaruh variabel pemoderasi dalam hipotesis penelitian ini diuji dengan analisis regresi dimoderasi (MRA) yang merupakan aplikasi khusus regresi linear. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa meskipun tanggung jawab sosial perusahaan terbukti tidak mempengaruhi profitabilitas perusahaan dengan kekuatan informasi akuntansi sebagai variabel moderasi tetapi banyak manfaat yang diperoleh pelaksanan perusahaan dengan tanggung jawab sosial perusahaan, antara lain, produk yang semakin disukai oleh konsumen dan perusahaan yang menarik bagi investor. Kata kunci: profitabilitas perusahaan, tanggung jawab sosial perusahaan, dan kekuatan informasi akuntansi

Copyrights © 2013