Progresif : Media Publikasi Ilmiah
Vol. 9 No. 2 (2021): PROGRESIF : MEDIA PUBLIKASI ILMIAH

HUBUNGAN PEMBERIAN ASI EKSLUSIF DENGAN PENINGKATAN BERAT BADAN BADUTA DI KELURAHAN BLINDUNGAN KECAMATAN BONDOWOSO KABUPATEN BONDOWOSO: (Heavy improvement of a body infant two years down in Blindungan village Kecamatan Bondowoso district Bondowoso)

S, Susilowati (Unknown)
Agustin, Leni (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Nov 2021

Abstract

Pertumbuhan dan perkembangan bayi sebagian besar ditentukan oleh jumlah ASI yang diperoleh, termasuk energi dan zat gizi lainnya yang terkandung didalam ASI tersebut. ASI tanpa bahan makanan lain dapat mencukupi kebutuhan pertumbuhan sampai usia bayi 6 bulan.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan pemberian ASI eksklusif dengan Peningkatan BB Baduta Metode penelitian ini menggunakan analisa observasional dengan pendekatan an cross sectional Populasi semua ibu baduta di Kelurahan Blindungan Kecamatan Bondowoso Kabupaten Bondowoso berjumlah 100 . Dengan menggunakan porposif sampling didapatkan jumlah sample sebanyak 28 baduta yang telah memenuhi kriteria inklusi. Hasil Penelitian menunjukkan sebagian besar baduta tidak asi esklusif yaitu 17 baduta (60,8%) dan sisanya 11 baduta (39,2%) asi esklusif. Dari 11 baduta yang asi eklusif hampir semua baduta berada pada gizi baik yaitu 10 baduta (90,9%) dan hanya 1 baduta (9%) berada di ambang gizi lebih dan tidak ada baduta yang mengalami gizi kurang/ buruk. Kesimpulan ,terdapat hubungan pemberian ASI eksklusif dengan peningkatan BB baduta di Kelurahan Blindungan Kecamatan Bondowoso Kabupaten Bondowoso. Pentingnya peningkatan penyuluhan ASI eksklusif kepada ibu sejak hamil dan nifas.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

progresif

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Nursing

Description

This journal is published twice a year, in April and November. Progressive journals accept submissions of articles that have never been published in other media. Progressive journals are committed to implementing ethical standards for publication. Therefore, Progressive Journals have formulated ...