Madani: Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Kewirausahaan
Vol. 2 No. 3 (2024): April 2024

Optimalisasi Pelayanan UMKM Soup Ikan 83 Melalui Implementasi Standard Operating Procedure

Seren, Seren (Unknown)
Christiarini, Renny (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2024

Abstract

Kota Batam merupakah salah satu kota dengan letak wilayah yang sangat strategis, sehingga membuat pelaku usaha berlomba-lomba membuka Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Penelitian ini berisi tentang cara meningkatkan kualitas pelayanan melalui implementasi Standard Operating Procedure (SOP) pada UMKM Soup Ikan 83. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan kualitas pelayanan UMKM Soup Ikan 83 menjadi lebih baik sesuai dengan Standard Operating Procedure (SOP) yang disesuaikan dengan teori The Flower of Service. Kegiatan ini akan melalui tahap persiapan, tahap pelaksanaan serta tahap penilaian dan pelaporan. Implementasi yang dilakukan yaitu meningkatkan kualitas pelayanan baik secara langsung maupun melalui aplikasi gojek, kemudian menjaga higenitas mitra, serta penataan makanan yang menarik. Hasil dari implementasi menunjukkan bahwa adanya peningkatan signifikan, dimana porsi penjualan yang sebelumnya 15 porsi meningkat menjadi 25-28 porsi. Maka dari itu, sistem SOP sangat membantu UMKM Soup Ikan 83 dalam meningkatkan kualitas pelayanannya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

madani

Publisher

Subject

Other

Description

Madani: Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Kewirausahaan yang diterbitkan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Internasional Batam adalah peer-reviewed journal yang memuat artikel – artikel ilmiah dari berbagai disiplin ilmu yang diambil dalam berbagai aktivitas ...