Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Vol. 7 No. 01 (2024): Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam

Epistemologi Nalar Bayani, Burhani dan Irfani dalam Filsafat Pendidikan Islam

Hendrizal, Hendrizal (Unknown)
Beggy, Miranda (Unknown)
Masduki, Masduki (Unknown)
Roza, Ellya (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jan 2024

Abstract

Filsafat ilmu merupakan kajian yang fundamental dikarenakan berkaitan dengan aspek kebutuhan hidup manusia yang sangat mendasar, yaitu ilmu pengetahuan. Epistemologi secara filosofis mengkaji struktur, metode, validitas dan tujuan ilmu. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peran epistemologi nalar bayani, burhani, dan irfani dalam konteks filsafat pendidikan Islam. Epistemologi nalar bayani menekankan pemikiran rasional dan logis sebagai sumber pengetahuan, sementara epistemologi burhani menyoroti pentingnya bukti empiris atau pengalaman dalam membangun pengetahuan yang sah. Di sisi lain, epistemologi irfani menekankan pengalaman mistis atau spiritual sebagai sumber pengetahuan yang mendalam. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan yang tujuannya untuk memperoleh informasi dari berbagai buku atau sumber. Dapat simpulkan peranan epistemologi nalar bayani, burhani, dan irfani dalam pendidikan Islam membawa manfaat dalam membentuk individu yang memiliki keterampilan berpikir kritis, pengetahuan yang berdasarkan pengalaman empiris, serta pemahaman spiritual yang mendalam

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jim

Publisher

Subject

Education

Description

Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan oleh Prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Jurusan Tarbiyah STAI Al Hidayah Bogor. Jurnal ini mengkhususkan diri pada pengkajian ilmu manajemen pendidikan Islam. Pengelola menyambut baik kontribusi ...