JRIIN :Jurnal Riset Informatika dan Inovasi
Vol 2 No 3 (2024): JRIIN: Jurnal Riset Informatika dan Inovasi (FORTCOMING ISSUE)

Sistem Informasi Manajemen Presensi Siswa Dengan QR Code Berbasis Web

Alyanisa (Unknown)
Nurul Hikma, Az’zahra (Unknown)
Tania, Mira (Unknown)
Az Zahra, Salsabila (Unknown)
Samsoni (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jul 2024

Abstract

Presensi siswa sangat penting dilihat dari persentase siswa dalam dunia pendidikan, dan presensi juga menjadi evaluasi penting bagi siswa di sekolah. Saat ini SMPIT Permata Madani masih menggunakan proses manual dalam proses presensinya dan hal ini dapat menyebabkan kesalahan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, perlu dirancang suatu sistem pengelolaan informasi siswa dengan menggunakan website berbasis QR code. Sistem ini dirancang untuk menyederhanakan proses pencatatan kehadiran siswa di sekolah dan menggantikan prosedur manual yang memakan waktu dan rawan kesalahan. Setiap siswa menerima name tag berisi kode QR unik. Saat memasuki sekolah, siswa cukup memindai kode QR yang ada di name tag menggunakan perangkat yang disediakan sekolah. Data kehadiran kemudian secara otomatis disimpan dalam database yang dapat diakses secara real time oleh guru dan admin sekolah. Metode yang digunakan untuk mengembangkan metode presensi ini adalah prototype. Hasil penerapan sistem menunjukkan proses presensi lebih efisien, kesalahan lebih sedikit, dan kontrol kehadiran siswa lebih disederhanakan. Oleh karena itu, kami yakin sistem ini dapat menjadi solusi terbaik dan efektif untuk efisiensi pengelolaan presensi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jriin

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

1. Komputasi Lunak, 2. Sistem Cerdas Terdistribusi, Manajemen Basis Data, dan Pengambilan Informasi, 3. Komputasi evolusioner dan komputasi DNA/seluler/molekuler, 4. Deteksi kesalahan, 5. Sistem Energi Hijau dan Terbarukan, 6. Antarmuka Manusia, 7. Interaksi Manusia-Komputer, 8. Hibrida dan ...