TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling
Vol 8, No 2 (2024): TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling

Pengaruh Perceived Classroom Activities Terhadap Academic Burnout Pada Siswa SMA

Cahyo, Gundah Noor (Unknown)
Rahmat, Candra Prasiska (Unknown)
Sugara, Hendry (Unknown)
Lubis, Susi Handayani Br (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Oct 2024

Abstract

Academic burnout merupakan hal yang dialami oleh para siswa maupun mahasiswa ditandai dengan perasaan lelah, sinis dan tidak mampu dalam menyelesaikan tugas. Kondisi tersebut dapat dipengaruhi melalui faktor internal yaitu bagaimana siswa memiliki persepsi ketika belajar dikelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari dimensi perceived classroom activities terhadap academic burnout pada siswa SMA. Sampel pada penelitian ini terdiri dari 197 siswa SMA. Pengambilan sampel menggunakan Teknik convenience sampling. Metode yang dilakukan menggunakan metode kuantitatif. Uji validitas alat ukur academic burnout dan perceived classroom activities menggunakan uji confirmatory factor analysis dan teknik analisa data yang digunakan adalah regresi berganda. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari variabel perceived classroom activities terhadap academic burnout yaitu interest dan enjoyment.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

teraputik

Publisher

Subject

Humanities Education Other

Description

JURNAL TERAPUTIK : Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling published original manuscripts relating to the following: School Counseling; Psychology Counseling; Career Counseling; Couple, Marriage and Family Counseling; Mental Health; Counseling Supervision; Theory Development; Professional Counseling ...