MODELING: Jurnal Program Studi PGMI
Vol 11 No 1 (2024): Maret

Manajemen Pembelajaran untuk Meningkatkan Kualitas Hafalan Santri dalam Program Tahfiz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Tahfiz Al-Qur’an Insan Madani

Mauluddin Sitorus, Ahmad Ardhi (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2024

Abstract

Pesantren Tahfiz Al-Qur’an merupakan lembaga pendidikan Islam yang mengkhususkan pembelajarannya dalam bidang Tahfiz Al-Qur’an. Pengelolaan dalam kepengurusannya dilakukan oleh Ustadz pimpinan pondok sebagai pengasuh utamanya. Pondok Pesantren Tahfiz Al-Qur’an Insan Madani merupakan sebuah lembaga pendidikan Islam yang menggunakan sistem boarding school ataupun sistem berasrama. Pendidikan di pondok pesantren ini hanya berfokus dalam bidang Tahfiz Al-Qur’an. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui manajemen pembelajaran dalam mengelola program tahfiz Al-Qur’an mulai dari perencanan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat jalannya program tahfiz Al-Qur’an dan hasil yang telah dicapai selama program tahfiz ini berjalan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan studi dokumentasi serta mengamati setiap kegiatan pembelajaran yang berlangsung. Hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa perencanaan dilakukan dengan beberapa tahap dengan beberapa pertimbangan, pengorganisasian dapat ditentukan dengan penentuan tugas yang dilakukan dalam pembelajaran, pelaksanaan dapat dilihat dari proses berjalannya program tahfiz Al-Qur’an, pengawasan dapat dilihat dari capaian hafalan santri yang tertulis dalam buku hafalan santri, faktor pendukung yaitu lingkungan sedangkan penghambat yaitu kurangnya kesungguhan dan semangat santri serta hasil dapat dilihat melalui pencapaian dan prestasi santri Pondok Pesantren Tahfiz Al-Qur’an Insan Madani.

Copyrights © 2024