JURNAL BIOSHELL
Vol 13 No 1 (2024): April

Pengaruh Penggunaan Booklet Sistem Imun terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MAN 3 Kota Padang

Pertiwi, Yuni (Unknown)
., Syamsurizal (Unknown)
., Helendra (Unknown)
Rahmatika, Helsa (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2024

Abstract

Hasil belajar kognitif peserta didik pada materi sistem imun di MAN 3 Kota Padang terlihat rendah karena selama proses pembelajaran guru kurang menggunakan sumber belajar yang bervariasi. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik yaitu dengan menggunakan sumber belajar booklet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan booklet sistem imun terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas XI MAN 3 Kota Padang. Penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimen Research) ini menggunakan rancangan Posttest Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAN 3 Kota Padang yang terdaftar pada Tahun Ajaran 2023/2024. Sampel diambil dengan teknik Cluster Random Sampling, sehingga terpilih kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Data pada penelitian ini meliputi hasil belajar peserta didik pada ranah kognitif. Instrumen penilaian berupa tes pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Uji Normalitas, Uji Homogenitas dan Uji t. Hasil penelitian pada ranah kognitif diperoleh rata-rata kelas eksperimen sebesar 72,22 lebih tinggi dari pada kelas kontrol dengan rata-rata 65,02. Hipotesis diuji melalui uji statistik t, didapatkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,028. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwasanya terdapat pengaruh penggunaan Booklet Sistem Imun terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MAN 3 Kota Padang. Kata kunci: sumber belajar, booklet sistem imun, hasil belajar kognitif

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

BIO

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education

Description

Jurnal Bioshell bertujuan untuk menjembatani kesenjangan antara penelitian dan praktik, memberikan informasi, ide dan pendapat, selain ujian kritis kemajuan penelitian, pengajaran, pembelajaran biologi, Biologi, dan Pembelajaran IPA. Melalui cakupan kebijakan dan pengembangan kurikulum, hasil ...