EduCurio : Education Curiosity
Vol 2 No 3 (2024): April-Juli 2024

Menggunakan Konsep Trigonometri Untuk Mengukur Tinggi Tiang Bendera Dengan Alat Meteran Yang Mudah Dan Praktis

Pamungkas, Bimantara Tri (Unknown)
Rahmah, Annisa (Unknown)
Ramadhani, Esa Laila (Unknown)
Ulfa, Fathia (Unknown)
Zahara, Hafifa (Unknown)
Panggabean, Ellis Mardiana (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2024

Abstract

Tujuan pelelitian ini untuk mengetahui mengaplikasikan konsep trigonometri dalam pengukuran tinggi tiang bendera dengan alat meteran yang mudah dan praktis. Trigonometri adalah salah satu cabang ilmu matematika yang merupakan ilmu mengenai hubungan relasi antara sudut dan sisi - sisi pada suatu segitiga. Dalam mempelajari segitiga pada Trigonometri, maka segitiga itu harus mempunyai tepat satu sudutnya (90°) artinya segitiga itu tidak lain adalah segitiga siku-siku. Pada Penelitian ini menggunkan kualitatif adalah metode penelitian yang bertujuan untuk memahami fenomena sosial secara mendalam melalui analisis deskriptif, interpretatif, dan kontekstual. Dengan mengetahui sudut yang terbentuk antara subjek dan objek sebesar 45 derajat, serta tinggi tiang yang telah diukur sebesar 8,56 meter. Dengan demikian, penelitian ini memberikan kontribusi dalam pemahaman dan aplikasi konsep trigonometri dalam pengukuran tinggi suatu objek secara praktis. Diharapkan penelitian ini dapat bermanfaat dan menjadikan metode pengukuran tinggi tiang bendera lebih efisien dan akurat.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

educurio

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal EduCurio meliputi: Teori dan landasan pendidikan dan pembelajaran, Filsafat pendidikan dan pembelajaran, Teknologi pendidikan dan pembelajaran, Psikologi Pendidikan, Media pendidikan dan pembelajaran, Evaluasi pendidikan, Manajemen Pendidikan, Inovasi pendidikan dan pembelajaran, Pendidikan ...