Jurnal Ilmiah Intech : Information Technology Journal of UMUS
Vol 5 No 2 (2023): November

Klasifikasi Tingkat Kepositifan Pengidap Penyakit Jantung Dengan Pendekatan Algoritma SVM Berbasis Both Kernel (Linear Dan Polynomial)

Aji, Prasetyo Wicaksono (Unknown)
Fatchan , Muhammad (Unknown)
Sunge, Aswan Supriyadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2023

Abstract

Penyakit jantung adalah kondisi dengan angka kematian yang signifikan, menyebabkan sekitar 12 juta kematian setiap tahun di seluruh dunia. Fakta ini menunjukkan pentingnya mendeteksi penyakit jantung pada tahap awal. Namun, diagnosa penyakit ini menjadi sebuah tantangan yang berat karena adanya hubungan yang rumit antara karakteristik penyakit jantung. Oleh karena itu, pemahaman mengenai atribut kunci yang digunakan dalam proses pengambilan keputusan atau klasifikasi penyakit jantung memiliki makna yang sangat penting. Dalam penelitian ini, Mesin Vektor Dukungan (SVM) digunakan sebagai alat Penelitian dengan berpusat pada penilaian penyakit jantung berdasarkan kondisi kesehatan pasien. Data medis digunakan sebagai variabel prediksi utama dalam penelitian ini. Hasil prediksi akan menetapkan penilaian 1 jika terdapat indikasi penyakit jantung pada pasien, dan sebaliknya, akan memberikan penilaian 0 jika tidak ada penyakit jantung yang terdeteksi. Proses pelatihan model SVM ini dilakukan dengan menggunakan bahasa pemrograman Python.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

intech

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Jurnal Ilmiah Intech : Information Technology Journal of UMUS terbit 2 (dua) kali dalam satu tahun yaitu Mei dan November yang berisi hasil pemikiran dan penelitian pada bidang Ilmu Komputer dan Informatika, dnegan fokus dan ruang lingkup: 1. ilmu komputer: Artificial Intelligence, Machine Learning, ...