Penentuan lokasi penelitian ditetapkan secara sengaja (purposive). Dalam hal ini dipilih dan dilaksanakan pada Kelompok Usaha Bersama I dengan pertimbangan bahwa sejak tahun 2007 telah menjalankan usahanya secara berkelanjutan hingga saat ini, tempat dan informasinya mudah diakses, serta telah memiliki sertifikat halal. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan November 2019 sampai dengan Januari 2020 dengan menggunakan metode analisis SWOT. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Pengembangan Usaha Keripik Di Desa Ogomatanang Kecamatan Lampasio Kabupaten Tolitoli (Studi Kasus Pada Kelompok Usaha Bersama I). Data primer di kumpul dengan menggunakan metode survei dengan wawancara, sedangkan data sekunder diperoleh dari berbagai instansi terkait. Berdasarkan hasil penelitian bahwa untuk mengembangkan Kelompok Usaha Bersama I menerapkan strategi SO (strength – opportunity) yaitu dengan menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang yaitu: 1. Menjaga kualitas produk rasa yang beragam 2. Mempertahankan dan mengembangkan jaringan pemasaran. Kata Kunci : Strategi , Kelompok Usaha Bersama I, Analisis SWOT
Copyrights © 2024