JUSTIFY : Jurnal Sistem Informasi Ibrahimy
Vol. 3 No. 1 (2024): JUSTIFY : Jurnal Sistem Informasi Ibrahimy

IMPLEMENTASI DATA MINING MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI DALAM MENENTUKAN PERSEDIAAN BARANG (STUDI KASUS : TOKO SINAR HARAHAP)

zahra, Fatimatus (Unknown)
Ridla, Muhammad Ali (Unknown)
Azise, Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2024

Abstract

UMKM ialah kegiatan usaha kecil ekonomi rakyat yang berskala kecil dan dilindungi dari kompetisi usaha yang tak sehat dan tak setara. Wirausaha yang bergerak dibidang pertokoan memiliki prospek yang menjanjikan, karena dapat melayanin masyarakat dengan kategori ekonomi menengah kebawah dan ke atas serta bisa mempermudah masyarakat untuk berbelanja keperluan tiap hari tanpa harus belanja ke supermarket atau swalayan. Namun persediaan barang atau bahan kebutuhan yang tidak dilakukan secara optimal dapat menyebabkan kekosongan pada barang atau bahan kebutuhan tersebut. Hal tersebut juga terjadi pada toko sinar harahap yang sering mengalami kekosongan pada persediaan beberapa barang dan kebutuhan yang di cari oleh pelanggan, ini di akibatkan dari tidak adanya kebiasaan pengontrolan persediaan pada toko. Maka penelitian ini bertujuan untuk melihat barang dan kebutuhan apa saja yang dibutuhkan oleh pelanggan toko. Penelitian ini menggunakan beberapa variabel yaitu tanggal transaksi, nama produk serta jumlah penjualan/pembelian. Maka, dari hasil penelitian menggunakan algoritma apriori tersebut akan di dapat data nama barang yang paling banyak terjual untuk di jadikan sebagai antisipasi persediaan barang agar tidak mengalami kekosongan yang dapat menyebabkan pelanggan kecewa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JUSTIFY

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

JUSTIFY is an open access peer-reviewed journal which is original research and published by the Department of Science and Technology of Ibrahimy University. This journal contains scientific literature on applied research studies in information systems, information technology and a public review of ...