Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh strategi promosi terhadap volume penjualan pada Showroom PT Tunas Dwipa Matra Gelumbang, (2) Naik turunnya volume penjualan sepeda motor Honda pada Showroom PT Tunas Dwipa Matra Gelumbang selama lima tahun, (3) Strategi promosi yang digunakan pada tahun 2017-2021 belum sesuai sehingga tidak mencapai target penjualan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 60 responden adalah karyawan Showroom PT Tunas Dwipa Matra Gelumbang. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis asosiatif kasual kuantitatif dengan menggunakan analisis jalur dengan product moment dan program SPSS for windows versi 21. Hasil pengujian terhadap hipotesis, menunjukkan bahwa variabel: (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel strategi promosi terhadap volume penjualan taraf 5% adalah sebesar 1,671, dengan demikian (thitung 3,099 > ttabel 1,671), sehingga Ha diterima dan Ho ditolak artinya ada pengaruh strategi promosi terhadap volume penjualan sepeda motor honda pada Showroom PT Tunas Dwipa Matra Gelumbang. Berdasarkan perhitungan koefisien determinasi sebesar 14,6%. Artinya 14,6% strategi promosi berperan besar terhadap volume penjualan, (2) dikarenakan dibeberapa wilayah kabupaten intensitas hujan yang tinggi dan harga komoditi sedikit menurun seperti karet karena rata-rata masyarakat gelumbang berpenghasilan sebagai petani karet (3) pada tahun 2015-2019 promosi yang digunakan yaitu periklanan (advertising), promosi penjualan (sales promotion), dan penjualan perorangan (personal selling).
Copyrights © 2023