Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin
Vol 7 No 3 (2024): Juni

PELATIHAN PEMBUATAN GAME EDUKASI KAHOOT BAGI GURU DI SMA NEGERI 1 PAJANGAN, BANTUL

kintoko, Kintoko (Unknown)
Kusuma, Dani (Unknown)
Mulianingsih, Ferani (Unknown)
Suryaningsih, Andri (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberikan arahan kepada guru-guru SMAN 1 Pajangan dalam membuat game edukasi Kahoot. Setiap ahli mata pelajaran di sekolah mengikuti program yang berlangsung pada bulan Agustus. Macam-macam permainan edukatif, kelebihan dan kekurangannya, serta penelitian terkini mengenai manfaat pemanfaatan permainan edukatif untuk pembelajaran semuanya tercakup dalam pendahuluan kegiatan ini. Selain itu, tujuan utama dari pengabdian ini adalah untuk memberikan wawasan segar kepada para guru SMAN 1 Pajangan tentang keunggulan game edukasi Kahoot, fitur-fitur website, dan cara pembuatannya. Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat melalui tiga tahapan, yakni tahap pra kegiatan, tahap pelaksanaan kegiatan, dan tahap pasca kegiatan. Hasil dari pelatihan ini adalah untuk guru agar lebih kreatif mengembangkan modul ajar yang akan disampaikan pada peserta didik, sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat, mempercepat pemahaman materi, lebih aktif dalam belajar, pembelajaran lebih menyenangkan dan tidak membosankan, dan meningkatkan minat belajar. Simpulan dari pengabdian ini yaitu membekali guru memanfaatkan media pembelajaran Kahoot. Disarankan bagi pendidik untuk mengembangkan dalam proses pembelajaran dengan menggunakan media Kahoot.

Copyrights © 2024