ADMA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat
Vol 5 No 1 (2024): ADMA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat

Sosialisasi Pemahaman terhadap Akuntansi Sektor Publik untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Akuntansi bagi Siswa

Rukmini, Meme (Unknown)
Efferyn, Krissantina (Unknown)
Riningsih, Duwi (Unknown)
Arinda, Bima Fatkul Khusna (Unknown)
Musyafar, Rafa Hylmi (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jul 2024

Abstract

Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah memberikan penyuluhan untuk meningkatkan pemahaman siswa di salah satu SMK Kota Kediri tentang akuntansi sektor publik. Kegiatan ini dirancang agar siswa dapat lebih memahami tentang sektor publik baik itu terkait dengan lingkup sektor publik maupun laporan keuangan dari sektor publik. Selain itu, murid-murid juga memahami perbedaan akuntansi sektor publik dengan akuntansi keuangan. Harapannya, siswa dapat memiliki pemahaman yang lebih mendalam mengenai lingkup akuntansi sektor publik dan dapat membedakan antara akuntansi sektor publik dan akuntansi keuangan. Metode pelaksanaan program pengabdian ini melibatkan tahap persiapan pelaksanaan dan evaluasi. Hasil kegiatan ini menunjukkan tanggapan positif dari para siswa, serta keingintahuan mereka terhadap materi akuntansi sektor publik tampak meningkat. Keberhasilan ini menunjukkan bahwa kegiatan sosialisasi telah diterima dengan baik. Implikasi kegiatan pengabdian masyarakat ini diharapkan pengetahuan siswa mengenai akuntansi sektor publik dapat diperluas, khususnya bagi siswa yang berminat menjadi akuntan di sektor publik maupun bekerja sebagai pengelola anggaran di pemerintahan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ADMA

Publisher

Subject

Computer Science & IT Languange, Linguistic, Communication & Media Nursing Social Sciences Other

Description

ADMA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, with Electronic ISSN 27237370 published by Universitas Bumigora. It is a biannual refereed journal concerned with the practice and processes of community engagement. It provides a forum for academics, practitioners and community representatives to ...