GLORY Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial
Vol 4 No 5 (2023): GLORY Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial

STRATEGI PEMASARAN TENUN IKAT (STUDI KASUS PADA KELOMPOK TENUN IKAT YAKOBUS DI KAWASAN FATUMNASI, KABUPATEN TTS)

Wibowo, Cristian Sebastianus Satria (Unknown)
Bunga, Markus (Unknown)
Neno, Marianus S (Unknown)
Fanggidae, Apriana H J (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran apa saja yang sudah di terapkan oleh Kelompok Tenun ikat Yakobus. Pemilihan strategi pemasaran yang tepat dapat membantu suatu usaha untuk berkembang, namun kurangnya pengetahuan akan strategi pemasaran dari kelompok tenun ikat Yakobus menjadi latar belakang permasalahan dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif yang dimana penelitian yang menekankan pada aspek pendalaman data demi mendapatkan kualitas dari suatu penelitian. Dalam sebuah kelompok usaha strategi pemasaran berperan penting dalam meningkatkan penjualan dalam kelompok usaha tersebut. Strategi pemasaran di terapkan untuk membantu kelompok usaha dalam mencapai target penjualan dengan adanya 3 komponen yaitu Segmentasi, Targeting, dan Positioning. Hasil penelitian menunjukkan kelompok usaha tenun ikat Yakobus hanya menerapkan strategi pemasaran secara langsung atau direct selling sehingga hasil penjualan yang didapatkan belum maksimal. Hal ini didasari pada penerapan bauran pemasaran (4P) yang belum efektif. Kata Kunci : Strategi, Pemasaran, Strategi Pemasaran

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

glory

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

GLORY Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan Prodi Manajemen, Universitas Nusa Cendana Kupang yang memuat hasil penelitian ilmiah berupa kajian teoritis ataupun empiris, yang bersumber dari review literatur, penelitian lapangan, best practice ataupun kombinasi dari ...