Persaingan pasar yang semakin ketat secara tidak langsung akan mempengaruhi suatu perusahaan dalam mempertahankan pangsa pasar. Untuk dapat bertahan dalam persaingan yang semakin ketat, maka produsen dituntut lebih memperhatikan kebutuhan dan keinginan konsumen terutama pada strategi untuk mempertahankan loyalitas konsumennya. Menurut Hur, Jae Ko & Valacich (2011) untuk menciptakan loyalitas pelanggan terhadap suatu brand diperlukan adanya brand community yang dapat membantu perusahaan untuk membangun hubungan yang kuat dengan konsumen. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Berdasarkan hasil uji regresi menunjukkan variabel Brand Community berpengaruh signifikan terhadap loyalitas merek dengan koefisien regresi sebesar 0,065. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui bagaimana pengaruh variabel Brand Community terhadap variabel Loyalitas Merek. Menurut Bhattacharya, C. B., & Sen, S. (2003) dalam konsep Social Identity Theory, mereka berpendapat bahwa Brand Community membantu konsumen membangun identitas sosial dan mencapai keterlibatan emosional dengan merek. Hal ini berdampak positif pada Loyalitas Merek, karena konsumen yang terlibat dalam Brand Community cenderung lebih setia dan lebih mungkin untuk merekomendasikan merek kepada orang lain. Kata kunci : Brand community, Loyalitas Merek
Copyrights © 2024