Synergy : Jurnal Ilmiah Multidisiplin
Vol 1 No 05 (2024): Synergy : Jurnal Ilmiah Multidisiplin

KOMUNIKASI YANG EFEKTIF DAN EFISIEN PADA PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI DI TK NEGERI PEMBINA 1 MEDAN

Manurung, Angelina Bernadetta (Unknown)
Khairunnisa, Ni Nyoman Salwa (Unknown)
Rambe, Fitri Ananda (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 May 2024

Abstract

Peran utama guru dalam meningkatkan pembelajaran anak usia dini sangat penting, sehingga dibutuhkan komunikasi yang menciptakan rasa aman dan kenyamanan bagi mereka. Komunikasi yang efektif merupakan kunci dalam memastikan keberhasilan dan efisiensi pembelajaran. Penelitian ini akan menggambarkan bagaimana strategi komunikasi yang efektif diterapkan dalam pembelajaran anak usia dini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga jenis elaborasi argumen yang penting dalam menyusun pesan pada komunikasi yang efektif. Argumen yang kuat digunakan untuk menyampaikan pesan dengan efektif dalam proses pembelajaran. Program home visit termasuk dalam kategori argumen netral, di mana tidak ada perubahan perilaku yang terlihat. Namun, dalam kegiatan bina kelas, komunikasi efektif cenderung kurang efektif, karena pesan persuasif yang disampaikan tidak diterima dengan baik. Implikasi dari komunikasi efektif dalam meningkatkan citra positif dipengaruhi oleh program internal dan eksternal yang dimiliki oleh lembaga tersebut

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sjim

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Synergy : Jurnal Ilmiah Multidisiplin (SJIM) adalah jurnal yang ditujukan untuk publikasi artikel ilmiah yang diterbitkan oleh PT. Naureen Digital Education yang diterbitkan 6 kali dalam setahun yaitu Januari, Maret, Mei, Juli, September, November. SJIM sebagai sebuah jurnal ilmiah diharapkan dapat ...