Ketimpangan pendidikan masih ada di pelosok Indonesia yang anak-anak Indonesia harus mendapatkannya. Ada berbagai factor yang menyebabkan hal tersebut. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk menganalisis secara kritis dan menyeluruh slatar belakang social ekonomi orang tua terhadap hasil belajar siswa di sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah studi literatureyang terkait menggunakan penelitian kualitatif yang bersumbet dari jurnal atau sumber lainnya yang berkesinambungan dengan judul yang terkait. Kondisi social ekonomi orang tua yang baik bias meningkatkan prestasi siswa sehingga hasil belajar yang dicapai siswa sama baiiknya. Itu karena sarana dan prasarana yang memadai dalam keluarga untuk memungkikannya mendukung keterampilan dan minat siswa. Namun, penelitian ini tidak menutup kemungkinan kemampuan seorang siswa untuk tidak berusaha keras untuk mencapai kesuksesan dan hasil belajar yang baik dari keluarga latar belakang social ekonomi yang memadai. Banyak anak datang dari tempat yang jauh untuk mengikuti pengajaran dan pembelajaran dengan sungguh-sungguh. Ini karena mereka menyadari pentingnya pendidikan.
Copyrights © 2023