Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial
Vol 24, No 1 (2015)

PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MENULIS BERBASIS PENGALAMAN HISTORIS MELALUI METODE INVESTIGASI KELOMPOK

Hidayat, Moh Taofik (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Apr 2016

Abstract

Penelitian ini berjudul Pengembangan Kemampuan Menulis Berbasis Pengalaman Historis Melalui Metode Investigasi Kelompok (Penelitian Tindakan Kelas Di Kelas VII-H SMP Negeri 1 Kadipaten Kabupaten Majalengka). Pada hakikatnya penelitian ini dilakukan untuk memperbaiki proses pembelajaran sejarah di kelas VII-H SMP Negeri 1 Kadipaten, Majalengka agar dapat meningkatkan kemampuan menulis meliputi tiga indikator yang kemudian dijabarkan kedalam 18 deskriptor. Berdasarkan permasalahan tersebut metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Metode Investigasi kelompok mampu meningkatkan kemampuan menulis siswa. Hal tersebut diketahui dari hasil karya tulis siswa yang dikumpulkan dalam setiap siklusnya yang selalu mengalami peningkatan secara menggembirakan. Adapun kendala utama dalam pengembangan kemampuan menulis siswa adalah masih minimnya pengetahuan guru mitra dan siswa tentang pengalaman historis serta proses investigasi kelompok.Kata kunci : Keterampilan Menulis, Pengalaman Historis, Investigasi Kelompok.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jpis

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

JPIS (Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial (English: Journal of Social Sciences Education)) publishes high-quality manuscripts on research in the fields of social science education and social sciences. As for those included in the social science family is Geography, History, Sociology, Economics and ...