ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Vol 14, No 2 (2024): ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED

Penerapan Model Project Based Learning Terhadap Kreativitas Mahasiswa Prodi PGSD Dalam Mengembangkan Silabus Pembelajaran

Maulida, Rizky (Unknown)
Ginting, Erwin (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Sep 2024

Abstract

Pendidikan abad 21 merupakan Pendidikan yang salah satu tuntutannya adalah kreatifitas pada mahasiswa. Kreatifitas ini bisa dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran yang mampu menstimulus kemampuan kreatifitas mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat kreatifitas mahasiswa yang diajarkan dengan menggunakan Project based learning (PjBL). Disain penelitian ini adalah penelitian eksperimen one shot case study dengan sampel penelitian 35 mahasiswa. Analisis data dilakukan dengan metode deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan mahasiswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Project based learning (PjBL) memiliki persentase kreatifitas rata-rata 74% denagn kategori tinggi. beberapa kendala ditemui pada kegiatan pembelaajran seperti, pemahaman mahasiswa pada pembelajaran Project based learning (PjBL), perancangan proyek, distribusi tugas kelompo, dll. namun secara umum kendala yang ditemui mampu diselesaikan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan model pembelajaran Project based learning (PjBL) mampu menghasilkan kreatifitas yang tinggi pada mahasiswa.Keywords: Pembelajaran Proyek, Kreatifitas, PjBL

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

elementary

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Article written for the journal includes research result education, learning, and public service at preschool and primary ...