Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial
Vol 24, No 2 (2015)

PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL DAN PEDAGOGIK GURU PAI TERHADAP EVALUASI PEMBELAJARAN PAI DI SMA

Abdillah, Hilman Taufiq (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Apr 2016

Abstract

Fenomena sertifikasi guru menimbukan perspektif beragam, salah satunya kurang menguasai evaluasi pembelajaran PAI. Peneliti menggunakan kompetensi profesional dan kompetensi pedagogik untuk mengukur kemampuan evaluasi pembelajaran guru PAI. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif analitik dengan pendekatan kuantitatif. Pengolahan data menggunakan SPSS (uji normalitas, homogenitas, uji, F dan T-Test).Temuan penelitian menunjukan rata-rata profil kualitas kompetensi profesional guru PAI terhadap evaluasi pembelajaran PAI sebesar 80.70 %  artinya guru PAI se-kota Bandung menguasi kompetensi profesional. Rata-rata profil kualitas kompetensi pedagogik guru PAI terhadap evaluasi pembelajaran PAI sebesar 82.03 % artinya guru PAI se-kota Bandung menguasai kompetensi pedagogik dan rata-rata profil kualitas kemampuan evaluasi pembelajaran PAI sebesar 80.00 %  artinya guru PAI se-kota Bandung menguasai evaluasi pembelajaran PAI. Pengaruh kompetensi profesional dan kompentesi pedagogik memberikan pengaruh  positif siginifikan sebesar 0.503/ 50.3% terhadap evaluasi pembelajaran. Hasil perhitungan SPSS terletak pada rincian kategori didapat dari penelitian. Menurut perhitungan t-test didapat nilai t-hitung sebesar 3,162 lebih besar daripada t-tabel 2,042 untuk signifikan 5% dk=40-1= 39. Karena t-hitung lebih besar dari t-tabel maka Ha diterima dan Ho ditolak. Rekomendasi penelitian ditujukan kepada dinas pendidikan kota Bandung, penyelenggara pendidikan SMA, dan guru PAI untuk bisa meningkatkan  kemampuan evaluasi pembelajaran PAI diperlukan penguasaan kompetensi profesional dan pedagogik dengan baik. Untuk peneliti selanjutnya karena penelitian ini bersifat survey kepada guru PAI di SMAN se-kota Bandung dan baru pemaparan data dari yang dikumpulkan, ada baiknya dalam penelitian selanjutnya bias dilakukan dengan performance tes terhadap guru PAI di SMA/SMK se-Kota Bandung.Kata kunci:kompetensi professional, kompetensi pedagogik, evaluasi pembelajaran.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jpis

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

JPIS (Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial (English: Journal of Social Sciences Education)) publishes high-quality manuscripts on research in the fields of social science education and social sciences. As for those included in the social science family is Geography, History, Sociology, Economics and ...