J-Alif : Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah dan Budaya Islam
Vol 9, No 1 (2024): J-Alif, Volume 9, Nomor 1, Mei 2024

PANDANGAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK JUAL BELI SARANG BURUNG WALET (STUDI KASUS KELURAHAN MATAKALI KECAMATAN MATAKALI)

Hidayat, Rahmat (Unknown)
Zulmaizar, Muh. Muzani (Unknown)
Muin, Rahmah (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 May 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih jauh tentang jual beli sarang burung walet dan bagaimana transaksi tersebut dilakukan menurut syariat Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, artinya data diperoleh langsung dari lapangan. Alasan penelitian lapangan adalah untuk memusatkan perhatian secara serius pada survei peraturan Islam tentang tindakan jual beli sarang burung walet di sub-lokasi Matakali. Hasil dalam praktik jual beli rumah walet adalah adanya kerelaan antara pembeli dan penjual dalam hal penentuan harga rumah walet, dimana harga jual bergantung pada jenis dan keadaan rumah walet yang akan dijual, bisnis rumah walet sangat bergantung pada penilaian kualitas yang tepat, adanya hubungan langsung antara penjual dan pembeli, dan adanya sistem pembayaran yang cepat dan tepat. Sesuai dengan hukum Islam, jual beli sarang burung walet diperbolehkan, namun dilarang jika mengandung riba, haram, atau gharar. Pemeriksaan ini sesuai dengan aturan Islam di mana secara praktis, rukun dan syarat jual beli telah terpenuhi. baik dari yang melakukan kesepakatan sampai barang yang diperjualbelikan. Dalam melakukan akad jual beli, ada rukun dan syarat yang harus dipenuhi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jalif

Publisher

Subject

Religion

Description

Hukum Ekonomi Syariah, dan Sosial Budaya Islam J-Alif. Adalah jurnal Fakulatas Agama Islam Universitas Al Asy’ariah Mandar. Terbit berkala Enam bulan sekali (Semester). Sebagai wahana komunikasi insan akademik dalam bidang Sosial Keagamaan dan Budaya ...