SWARA - Jurnal Antologi Pendidikan Musik
Vol 4, No 2 (2016)

APLIKASI NOTASI ANGKA TIMBUL UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN LAGU PADA SISWA TUNANETRA DI SLBN-A PAJAJARAN BANDUNG

Nurokhmah, Siti (Unknown)
Gustina, Susi (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2016

Abstract

Jurnal ini berjudul “Aplikasi Notasi Angka Timbul Untuk Meningkatkan Penguasaan Lagu Pada Siswa Tunanetra di SLBN-A Pajajaran Bandung.” Partisipan yang di teliti adalah tigasiswa tunanetra kelas VIIIjurusan musik di SLBN-A Pajajaran Bandung. Tujuan diadakannya penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan rancangan tahapan, proses dan hasil pengaplikasian notasi angka timbul. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini antara lain:wawancara, observasi, dokumentasi dan analisis data. Temuan hasil penelitian aplikasi notasi angka tidak menggunakan rancangan tahapan pembelajaran secara tertulis, cukup mengetahui konsep dan tema yang akan diajarkan. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan penguasaan lagu serta memberikan pembelajaran musik dengan media dan teknologi di bidang pendidikan seni musik di lingkungan sekolah, khususnya SLB-A. Seperti yang diharapkan sebelumnya bahwa penggunaannotasi angka timbul dapat dijadikan media untuk pembelajaran musik maupun alat bantu dalam pembelajaran bagi siswa. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi pelajar musik, pengajar musik SLB, dan pengajar musik umumnya. Kata kunci : Notasi angka timbul, tunanetra

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

antomusik

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

1. Musik 2. Pendidikan Seni Musik 3. Pembelajaran Seni Musik 4. Komposisi Musik 5. Penelitian Seni Musik 6. Pertunjukan Seni Musik 7. Seni Musik Tradisional 8. Musik Komputer 9. Musik Kontemporer 10. Musik ...